Rabu, 27 April 2011

Psbo pert 5

USECASE :
- biasa d sbut skenario
- baik u/ stiap fase pngmbangan brbasis objek, design testing & dokumentasi
- mnggmbrkn kbuthan sistm dr sdut pndang d luar sistm
- mnentukn nilai yg d brikan sistm kpd pmakainy
- hnya mnetapkn ap yg sharusny d krjakn o/ sistm yaitu kebtuhn fungsional sistm.
contoh yg NON-fungsional: kinrja, bhs pmrograman.


USE CASE DIAGRAM
TRDIRI DARI :
1. Usecase
2. Actor
3. Association
4. Systm boundary


1. USECASE
- simbol usecase = elips horizontal
- use case class dgunakn u/ mmodelkn n mnytakn unit fungsi/layanan yg dsdiakn o/ sistm k pmakai.
- use case class mmiliki objek use case dsbt sknario yg mnyatakn urutn psan n tindakn tunggal.
- use case dpt dilingkupi dg btasan sistm yg dbri label nma sistm.
- adlah ssuatu yg mnydiakn hasil yg dpt d ukur ke pmakai/sistm eksternal
- dbuat brdsar kperluan actor, apa yg dkrjakan bukan bgaimana mngrjaknnya
- biasany mnggunakn kta krja
- boleh trdiri dri bbrpa kata asal tdk ada 2 use case yg punya nama sama


2. ACTORS
- mnggmbarkn org, sistm/ external entity
- mnggmbarkan tugas/peran bkan posisi/jbatn
- tdk bleh ad kmunikasi lngsun antar actor
- actor brnama time u/ mngindikasikan scheduled event
- letakan aktor pd pojok kiri ats dr diagrm
- mmanfaatkn fungsi yg dsdiakn sistm trmsk aplikasi n pmliharaan
- bisa mnydiakan fungsi, mnerima/mnydiakn info.

3. ASSOCIATION
- bukn mnggmbarkn aliran data/info
- digunakn u/ mnggmbarkn bgmna actor trlibat dlm usecase
- 4 jnis relasi yg bsa timbul pd use case diagram:
1. Association antara actor n use case
= ujng pnah mnunjukn siapa/apa yg mminta intraksi, sbaikny pake garis tnpa panah, panah trbuka bila actor brintraksi sec pasif.
2. Association antar usecase
= pmangglan usecase o/ usecase lain, gmbarkn ass include sec Horizontal, pnah trbuka k arah sub case, eq: pmanggilan fungsi progrm,
= prluasan dr usecase bla syarat trpnuhi, jgn byk2,
tnda pnah hrs ke parent/base usecase, gmbarkn sec vertikal
3. Gneralization/inheritance antara use case
= dgmbarkn dg sbuah garis brpnah trtutup yg ujungny mnunjukn yg lbh umum, gmbarkn sec vertikal dg inheriting usecase d bwah base/parent use case, dpkai u/ prlakuan khusus.
4. Gneralization/inheritance antara actor


4. SYSTEM BOUNDARY BOXES (optional)
- u/ mprlihatkn btasan sistm dlm diagram use case, actor diluar box
- digunakn bila ad bbrp alternatif sistm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar